Tuesday, October 15, 2013

API HTML5 dan Fitur-Fiturnya

Pada HTML 5 terdapat beberapa API yang terintegrasi dengan beberapa elemen dari HTML 5 tersebut, dan ini adalah API tersebut (informasi ini dari www.w3.org) :
·         2D Drawing API, adalah API yang dapat digunakan untuk manipulasi image 2D yang terintegrasi dengan elemen canvas.
·         Audio and Video API, adalah API yang dapat digunakan untuk memutar dan memainkan media Video dan Audio. API ini sudah terintegrasi dengan elemen audio dan video dari HTML 5.
·         API yang memungkinkan untuk membuat offline web application.
·         API yang memungkinkan web application dapat meregister sendiri untuk beberapa tipe protokol dan media.
·         Editing API di kombinasikan dengan atribut content editable global yang baru.
·         Drag and Drop API di kombinasikan dengan atribut drag-able.
·         API yang dapat mengekspos histori dari browser untuk menambahkan halaman web yang sedang di akses sehingga bisa menambahkan tombol Back di halaman web.
·         Cross-document messaging.
Prinsip dari API yang disediakan dari HTML 5 ini adalah agar developer lebih mudah dalam membuat sebuah aplikasi web dengan ini user dan developer atau programmer karena dapat menciptakan aplikasi web yang penuh fitur pada offline environment.

Perubahan Semantic
Ini adalah bagian yang seharusnya merubah cara anda untuk membuat struktur website secara fundamental. Termasuk dalam list dibawah ini adalah 6 elemen baru yang dapat membantu anda agar lebih konsisten dalam pembuatan struktur dasar dari website. Elemen – elemen tersebut adalah :
1.      <nav>
2.      <section>
3.      <article>
4.      <header>
5.      <footer>
6.      <aside>
Elemen – elemen ini akan menggantikan elemen <div> yang sekarang sering anda gunakan untuk membuat struktur dasar dari website. Jadi daripada membuat <div class=”header”>, anda bisa persingkat dengan membuat <header>. Perhatikan saya membuat <div> menggunakan “class” daripada menggunakan “id” ini karena elemen tersebut dapat berulang dalam satu halaman (saya akan coba bahas lebih lanjut di artikel lainnya).

Fitur-fitur HTML5 :
·         HTML5 Canvas
Pada HTLM sebelumnya kita membutuhkan suatu aplikasi yang membantu kita untuk berhubungan dengan web kita, misalnya Flash atau Java. Namun pada HLML5 aplikasi tersebut akan diganti oleh elemen <canvas> pada HTML5 sebagai Canvas web -- kertas yang bisa dicoreti sesuai imajinasi -- atau dalam hal lain, Canvas memungkinkan kita untuk bereksperimen lebih pada HTML5. !
·         Audio dan Video
Versi HTML pendahulun kita harus menyisipkan flash untuk memutar audio/video untuk memutar audio/video, namun pada HTML5 akan dengan mudah menyisipkan file multimedia tersebut ke dalam webnya. Pada HTML5 ada tag <audio> dan <video> yang berfungsi untuk menyisipkan file audio dan video tentunya.
·         Web Workers
Pada web yang menggunakan HTML sebelumnya sering kali kita lama dalam membuka web tersebut, ini dikarenakan banyaknya penggunaan JAVESCRIPT. Pada HTML5 disediakan WEB WORKERS yang mempercepat dalam pemrosesan JAVASCRIPT lebih cepat dan multitasking.
·         Local Storage
Locak Storage ini mempunyai fungsi sebagai pengganti cache sebagai media penyimpanan history halaman web. Memungkinkan web untuk menyimpan data cache lebih besar di storage local-nya daripada cache pada browser biasa.
·         Semantics
Semantics disini merupakan fitur yang dijadikan unggulan dalam HTML5. Pada HMLT sebelumnya banyak web designer yang menggunakan elemen div, nav, dan lainnya.

Untuk contoh coding untuk HTML5 silahkan klik di bawah ini :
http://willymanoppo.blogspot.com/2013/10/contoh-coding-sederhna-html-5.html

Sumber :
http://www.kongcreate.com/html-5-apa-saja-yang-pertama-kali-harus-di-ketahui/
http://fdana7.blogspot.com/2012/11/penjelasan-mengenai-fakta-tentang-fitur.html

No comments:

Post a Comment