Mengenal tujuan-tujuan aplikasi berbasis internet
¨ Memahami jenis-jenis aplikasi yang umum digunakan di Internet.
¨ Memahami sejarah munculnya aplikasi berbasis internet .
¨ Memahami perbedaan dari masing-masing aplikasi yang ada.
E-mail
¨ Muncul sebelum ARPANet ditemukan .
¨ Hasil evolusi dari sebuah ide yang sangat sederhana à file directory.
Pengirim menuliskan pesan pada suatu file teks, kemudian meng-kopi-kan file tersebut pada direktori file penerima.
¨ Konsepnya sama persis seperti meletakkan catatan dalam bentuk kertas kecil pada meja kerja seseorang .
Pengamatan email
¨ Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dinobatkan sebagai penemu e-mail karena jasanya menemukan sistem pengalamatan e-mail.
¨ Ray memilih simbol @ yang terdapat pada keyboard komputer sebagai penanda pengiriman surat
Nama-pengguna@nama-komputer
Simbol @ dibaca ‘at’ yang berarti: ‘pada’
Aplikasi pengola email
¨ Tahun 1974 Larry Roberts membuat sebuah program berupa folder email untuk mengelola email yang masuk
¨ Tahun 1975 Jon Vital mengikutinya dengan membuat program yang dapat mengorganisasikan e-mail dengan fitur yang lebih lengkap
¨ Tahun 1976, e-mail dengan segala kelengkapannya menjadi salah satu komoditi komersial di jaringan ARPANet
¨ Dalam waktu 2 (dua) tahun, 75% lalu lintas data di ARPANet adalah e-mail
Protocol email
SMTP (Simple Message Transfer Protocol)
POP (Post Office Protocol)
Jenis e-mail
¨ Pop Mail
¤ Kelebihan utama dari POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet)
¤ Kekurangan dari POP mail ini adalah dalam hal fleksibilitas akses e-mail
¨ Web-based e-mail
¤ Kelebihan: bebas mengakses e-mail dari komputer manapun dan dari manapun, selama ada koneksi internet (fleksibel)
¤ Kekurangan: harus selalu terhubung ke internet untuk membaca e-mail yang diterima dalam jumlah yang banyak (biaya koneksi lebih besar)
¨ E-mail forwarding
¤ Meneruskan e-mail yang dikirim kepadanya menuju ke account email yang lain
¤ Kelebihan: bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya
¤ Kekurangan: sifatnya sebagai perantara, e-mail yang akan diterima akan membutuhkan waktu yang lebih lama
Internet Relay Chat (IRC)
Fasilitas pengiriman pesan secara real-time di internet
IRC lahir pada akhir bulan Agustus tahun 1988 oleh Jarkko Oikarinen
IRC
Dikembangkan dari aplikasi bernama OuluBox yang memungkinkan para pengguna USENET News (jaringan komputer di universitas) dapat melakukan diskusi secara real-time.
Kemudian rekannya, Jukka Pihl, meminta bantuan Jarkko untuk memperbaiki Multi User Talk (MUT) dan berhasil.
Hasil kerja Jarkko dinamakan IRC
Pengembangan IRC
¨ Jarkko memberikan kode program IRC kepada rekan-rekannya di dua universitas lain:
¤ Helsinki University
¤ Tampere University yang kemudian diikuti oleh universitas-universitas lainnya
¨ Vijay Subramaniam (salah seorang sahabat Jarkko) memberikan kode program IRC ke:
¤ University of Denver
¤ Oregon State University
Pengembangan IRC
¨ Ide dasar pengiriman pesan secara real-time inilah yang kemudian menginspirasi para developer lainnya untuk mengembangkan aplikasi di sisi client dan server
¨ Yahoo! dengan produknya bernama Yahoo!Messenger
¨ Microsoft dengan produknya Windows Life Messenger, dan lain sebagainya.
BLOG
¨ Hasil evolusi dari suatu bentuk diary yang diletakkan pada internet (online diary)
¨ Istilah ‘weblog’ muncul dari seseorang bernama Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997
¨ Oleh Peter Merholz digunakan sebagai bahan lelucon
¨ memecah istilah weblog menjadi ‘we blog’
¨ Evan Williams mempopulerkan istilah ‘blog’ sebagai kata kerja sekaligus sebagai kata benda
¨ ‘To blog’ artinya ‘meng-edit atau menambahkan isi weblog’
¨ Evan juga mempopulerkan istilah ‘blogger’ sebagai orang yang memiliki atau aktif mengisi weblog
Perkembangan BLOG
¨ Tahun 2001, blog menjadi fenomenal karena banyaknya konten berisi tentang ‘how-to’
¨ Tahun 2002, blog mulai memperkenalkan adanya comment (komentar) dari pembacanya
¨ Tahun 2004, peran blog mulai bergeser menjadi sesuatu yang ‘penting’ bagi tokoh-tokoh politik
¨ menggunakan blog sebagai media untuk menampung aspirasi dan mempengaruhi masyarakat
Peluang dari BLOG
¨ Blog memiliki ‘kekuatan’ dalam hal memberikan pengaruh pada orang lain
¨ Kini blog dapat dijadikan lahan untuk mencari penghasilan
¤ menjadi publisher iklan di internet
¤ menjadi reviewer produk/jasa
Social Networking
¨ Salah satu aplikasi berbasis web yang paling digemari oleh pengguna internet
¨ Terdapat 3 (tiga) bentuk interaksi yang mendasar adalah:
¤ Pengiriman pesan atau e-mail
¤ Chat
¤ Buletin atau mading bersama
¨ Ide awal diusulkan sejak tahun 1978 oleh Roxanne Hiltz dan Murray Turoff
¤ menghubungkan antar komputer individu ke dalam suatu jaringan elektronik
Perkembangan social networking
¨ Konsep tersebut dapat terwujud secara penuh pada tahun 1985
¨ Terdapat komunitas online melalui jaringan internet bernama The Well
¨ Pada tahun 1994 mulai marak muncul situs-situs komunitas online seperti: The Globe, Geocities, dan Tripod (1995)
¨ Pada tahun 1999 muncul sebuah konsep situs komunitas online yang berbasis pada pertemanan (friendship-based)
¨ Mulai tahun 2002 hingga tahun 2004, muncul empat situs jejaring sosial yakni:
¤ Friendster,
¤ MySpace
¤ Bebo
¨ Pada tahun 2005, MySpace menjadi yang terbaik karena dapat mengalahkan Google dalam hal jumlah pengunjung
Facebook
¨ Awalnya Facebook merupakan situs jejaring sosial yang dibuat khusus untuk mahasiswa di Amerika
¨ Pada tahun 2006, Facebook mulai membuka diri untuk pengguna selain mahasiswa Amerika
¨ Tahun 2007 telah terdapat 21 juta pengguna
¨ Jumlah kunjungan per hari sebanyak 1.6 miliar kali
¨ Berhasil menjaring sebanyak 22.000 perusahaan untuk bekerjasama dalam hal pemasangan iklan ataupun penjualan produk
¨ Fitur secara umum:
¨ Pembuatan profil pengguna
¨ Meng-upload foto
¨ Berteman dengan pengguna lainnya
¨ Mengkonfirmasi permintaan pertemanan
¨ Melakukan blok untuk permintaan yang tidak diinginkan
¨ Pencarian pengguna
¨ Pengiriman pesan
¨ Fitur tambahan:
¨ Dapat membentuk kelompok dengan peminatan tertentu
¨ Meng-upload video dan menampilkannya secara langsung (live video)
¨ Membuat forum diskusi
sumber dari webweb diInternet.
No comments:
Post a Comment